Pengertian gotong royong di Indonesia dikenal sebagai budaya gotong royong yang mengandung makna bekerja sama secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Gotong royong merupakan salah satu nilai yang sangat dijunjung tinggi dalam masyarakat Indonesia, yang mengajarkan pentingnya kerjasama dan solidaritas antar individu dalam mencapai suatu tujuan bersama.
Salah satu tempat dimana budaya gotong royong sangat diterapkan adalah di sekolah. Gotong royong di sekolah merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk membentuk karakter siswa dan memperkuat hubungan antar anggota sekolah. Dengan melakukan gotong royong di sekolah, siswa diajarkan untuk saling bekerja sama, menghargai kerja keras orang lain, serta belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
Gotong royong di sekolah juga dapat memperkuat hubungan antar siswa, guru, dan staf sekolah. Melalui kegiatan gotong royong, semua anggota sekolah diajarkan untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain. Hal ini dapat menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis dan penuh dengan rasa kebersamaan.
Selain itu, gotong royong di sekolah juga dapat memperkuat rasa cinta dan kebanggaan terhadap sekolah. Dengan ikut serta dalam kegiatan gotong royong, siswa dan anggota sekolah lainnya akan merasa memiliki bagian dalam membangun dan menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan sekolah.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gotong royong di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa, memperkuat hubungan antar anggota sekolah, serta menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis dan penuh dengan rasa kebersamaan.
Referensi:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Modul Pendidikan Karakter: Implementasi Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong.
2. Soemardjan, S. (2007). Gotong Royong: Sebuah Nilai Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal Antropologi Indonesia, 29(1), 1-12.