Menyoroti Teknologi Pendukung Pembelajaran yang Ada di Sekolah
Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam era globalisasi ini, teknologi menjadi salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Teknologi yang digunakan di sekolah tidak hanya sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai pendukung pembelajaran yang efektif. Artikel ini akan menyoroti beberapa teknologi pendukung pembelajaran yang ada di sekolah.
Salah satu teknologi pendukung pembelajaran yang populer di sekolah adalah komputer dan internet. Komputer telah menjadi alat yang tak tergantikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Dengan komputer dan akses internet, siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar, seperti e-book, jurnal online, dan video pembelajaran. Selain itu, komputer juga dapat digunakan untuk membuat presentasi, tugas-tugas kreatif, dan simulasi pembelajaran yang interaktif.
Selain komputer, teknologi lain yang mendukung pembelajaran adalah papan interaktif. Papan interaktif adalah sebuah layar sentuh yang dapat digunakan untuk menampilkan berbagai materi pembelajaran, seperti gambar, teks, atau video. Guru dapat dengan mudah menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan papan interaktif, sementara siswa dapat berpartisipasi secara aktif dengan menulis atau menandai langsung di layar. Papan interaktif juga memungkinkan guru untuk merekam dan menyimpan seluruh pembelajaran, sehingga siswa dapat mengaksesnya kapan saja.
Selain itu, teknologi pendukung pembelajaran juga termasuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Dengan smartphone atau tablet, siswa dapat mengakses berbagai aplikasi pendidikan yang interaktif, seperti aplikasi matematika, bahasa, atau sains. Aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran secara lebih visual dan interaktif. Selain itu, perangkat mobile juga memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja.
Referensi:
1. Suhartono, D. (2017). Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 19-27.
2. Wicaksono, A. (2018). Pemanfaatan Papan Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 12-22.
3. Murni, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 125-135.
Teknologi pendukung pembelajaran di sekolah telah membawa banyak manfaat bagi proses pembelajaran. Dengan adanya teknologi ini, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menarik, interaktif, dan memperluas akses mereka terhadap sumber belajar. Namun, perlu diingat bahwa teknologi hanya alat bantu, dan peran guru tetap penting dalam membimbing siswa dalam memanfaatkan teknologi secara efektif.