Gotong royong merupakan budaya yang sudah lama dikenal di Indonesia. Budaya gotong royong mengajarkan untuk saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Di sekolah, gotong royong memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan keharmonisan dan kebersamaan di antara siswa, guru, dan seluruh anggota sekolah.
Salah satu manfaat gotong royong di sekolah adalah dapat meningkatkan rasa kebersamaan di antara siswa. Dengan adanya kegiatan gotong royong, siswa diajarkan untuk saling membantu dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih memahami pentingnya bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain.
Selain itu, gotong royong juga dapat meningkatkan keharmonisan di antara guru dan siswa. Dengan ikut serta dalam kegiatan gotong royong, guru akan lebih dekat dengan siswa dan memperkuat hubungan antara mereka. Hal ini juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan mendukung bagi siswa.
Manfaat lain dari gotong royong di sekolah adalah dapat mengajarkan nilai-nilai kebersihan dan tanggung jawab kepada siswa. Dengan bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah, siswa akan belajar untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Selain itu, gotong royong juga mengajarkan kepada siswa untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah mereka.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nanda dan Dian (2017), hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan gotong royong di sekolah dapat meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan di antara siswa. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa kegiatan gotong royong dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah mereka.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gotong royong di sekolah memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan keharmonisan dan kebersamaan di antara siswa, guru, dan seluruh anggota sekolah. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk terus menerapkan budaya gotong royong sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah.
Referensi:
Nanda, A., & Dian, R. (2017). Pengaruh Kegiatan Gotong Royong terhadap Kebersamaan dan Keharmonisan di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 5(2), 87-96.