Manfaat Gotong Royong di Lingkungan Sekolah: Membangun Kerjasama dan Kepedulian
Gotong royong merupakan suatu budaya yang sudah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya gotong royong tidak hanya berlaku di lingkungan masyarakat, namun juga sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah. Gotong royong di lingkungan sekolah memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah untuk membangun kerjasama dan kepedulian di antara siswa, guru, dan seluruh anggota sekolah.
Salah satu manfaat utama dari gotong royong di lingkungan sekolah adalah untuk membangun kerjasama di antara seluruh anggota sekolah. Dengan adanya kegiatan gotong royong, siswa, guru, dan karyawan sekolah dapat bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan seperti membersihkan lingkungan sekolah, merawat taman, atau melakukan perbaikan fasilitas sekolah. Melalui kegiatan gotong royong, semua anggota sekolah belajar untuk saling bekerja sama, berkomunikasi, dan menghargai kontribusi masing-masing individu.
Selain itu, gotong royong di lingkungan sekolah juga dapat membantu membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan. Dengan aktif terlibat dalam kegiatan gotong royong, siswa dan anggota sekolah akan lebih memahami pentingnya merawat lingkungan sekolah dan menjaga kebersihan. Mereka juga akan belajar untuk peduli terhadap kebutuhan dan kesejahteraan bersama, bukan hanya fokus pada kepentingan individu.
Manfaat lain dari gotong royong di lingkungan sekolah adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab. Melalui kegiatan gotong royong, siswa diajarkan untuk mematuhi aturan, bekerja secara mandiri, dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Mereka juga belajar untuk menghargai waktu dan usaha yang telah dikeluarkan oleh orang lain dalam melakukan kegiatan gotong royong.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gotong royong di lingkungan sekolah memiliki manfaat yang sangat besar dalam membangun kerjasama, kepedulian, kedisiplinan, dan tanggung jawab di antara seluruh anggota sekolah. Melalui kegiatan gotong royong, kita dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, dan harmonis, serta melatih siswa untuk menjadi individu yang peduli terhadap sesama dan lingkungan.
Referensi:
1. Setiawan, D. (2018). Gotong Royong di Sekolah: Bagaimana Membangun Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 145-159.
2. Suryani, I. (2019). Manfaat Gotong Royong dalam Membangun Kerjasama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 32-45.