Name tag merupakan bagian penting dalam identitas seseorang, terutama di lingkungan sekolah. Penggunaan name tag di sekolah memiliki manfaat yang sangat besar dalam memudahkan proses identifikasi dan komunikasi antar individu. Selain itu, penggunaan name tag juga dapat memberikan rasa kepercayaan diri bagi pemakainya.
Salah satu manfaat utama penggunaan name tag di sekolah adalah memudahkan proses identifikasi. Dengan adanya name tag, guru dan teman sekelas dapat dengan mudah mengenali nama dan identitas siswa. Hal ini sangat penting dalam membangun hubungan yang baik antar individu di sekolah. Dengan mengetahui nama masing-masing, guru dapat lebih mudah memanggil siswa saat memberikan tugas atau ketika ada masalah yang perlu dibicarakan.
Selain itu, penggunaan name tag juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara siswa. Dengan menggunakan name tag yang seragam, siswa akan merasa lebih termotivasi untuk merasa sebagai bagian dari komunitas sekolah. Hal ini juga dapat membantu siswa untuk lebih mudah berinteraksi dan bekerjasama dengan teman-temannya.
Tidak hanya itu, penggunaan name tag juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. Dengan nama mereka terpampang dengan jelas di dada, siswa akan merasa lebih diakui dan diperhatikan oleh orang lain. Hal ini dapat memberikan dorongan positif bagi siswa untuk tampil lebih percaya diri dan mengembangkan potensi diri mereka.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ahmad Fauzi, dkk. (2019) yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Name Tag Terhadap Identitas Diri Siswa di Sekolah Dasar”, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan name tag dapat meningkatkan rasa percaya diri dan identitas diri siswa di sekolah. Hal ini menegaskan pentingnya penggunaan name tag di sekolah sebagai salah satu upaya untuk memperkuat identitas dan komunikasi antar individu.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan name tag di sekolah memiliki manfaat yang sangat besar dalam memudahkan proses identifikasi, memperkuat rasa kebersamaan, dan meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, penggunaan name tag sebaiknya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah.
References:
1. Fauzi, Ahmad, dkk. (2019). “Pengaruh Penggunaan Name Tag Terhadap Identitas Diri Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 2, hlm. 87-94.