Headlines

Contoh Perilaku Sila Ke-4 di Sekolah: Menjunjung Tinggi Keadilan Sosial


Sila Ke-4 dari Pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” menjadi landasan bagi setiap individu untuk mengutamakan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan. Di sekolah, perilaku yang mengjunjung tinggi keadilan sosial menjadi sangat penting untuk diterapkan guna menciptakan lingkungan belajar yang adil dan merata bagi semua siswa.

Salah satu contoh perilaku yang dapat dilakukan di sekolah untuk menunjukkan sikap menjunjung tinggi keadilan sosial adalah dengan tidak membedakan perlakuan antara siswa berdasarkan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya. Guru dan siswa diharapkan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap individu untuk berkembang dan menunjukkan potensi terbaiknya tanpa diskriminasi.

Selain itu, dalam hal penilaian dan penghargaan, penting bagi sekolah untuk tidak hanya melihat prestasi akademis semata, tetapi juga memberikan pengakuan dan apresiasi kepada siswa yang memiliki prestasi di bidang lain, seperti seni, olahraga, atau kegiatan sosial. Dengan demikian, setiap siswa merasa dihargai dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan.

Penerapan nilai keadilan sosial di sekolah juga dapat dilakukan melalui kebijakan penyaluran bantuan dan beasiswa bagi siswa yang membutuhkan. Dengan memberikan dukungan finansial kepada siswa yang kurang mampu, sekolah turut berperan dalam menciptakan kesempatan yang sama bagi setiap individu untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Dengan demikian, menjunjung tinggi keadilan sosial di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab individu, tetapi juga merupakan bagian dari upaya bersama untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan merata. Dengan menerapkan nilai keadilan sosial dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua individu untuk berkembang.

Referensi:
1. Hidayat, Rahmat. (2018). Pancasila dan Perjuangan Keadilan Sosial. Jakarta: Penerbit Kompas.
2. Soeprapto, Frans. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.