Liburan sekolah adalah waktu yang dinantikan oleh setiap pelajar untuk bisa bersantai dan melepaskan penat setelah menjalani rutinitas belajar di sekolah. Namun, situasi pandemi COVID-19 membuat liburan sekolah kali ini sedikit berbeda. Banyak dari kita harus tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus.
Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, liburan sekolah kali ini akan berlangsung lebih lama dari biasanya untuk memberikan waktu bagi siswa dan guru untuk beristirahat dan menyegarkan diri. Namun, hal ini juga berarti bahwa aktivitas liburan yang biasanya dilakukan di luar rumah seperti berlibur ke tempat wisata atau berkumpul dengan teman-teman harus ditunda atau dikurangi demi keselamatan bersama.
Meskipun demikian, liburan sekolah kali ini tetap dapat dimanfaatkan dengan baik di rumah. Para pelajar dapat menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku yang menarik, belajar hal-hal baru melalui kursus online, atau mengasah kreativitas dengan melakukan aktivitas seni seperti lukis atau membuat kerajinan tangan. Selain itu, waktu luang juga bisa dimanfaatkan untuk berolahraga di rumah atau melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga.
Selain itu, liburan sekolah kali ini juga bisa menjadi kesempatan untuk lebih mendekatkan diri dengan keluarga. Dengan banyaknya waktu yang dimiliki di rumah, kita dapat menghabiskan waktu bersama dengan bermain game bersama, memasak bersama, atau sekadar berbicara dan berbagi cerita.
Meskipun liburan sekolah kali ini berbeda dari sebelumnya, namun hal ini tidak mengurangi kesempatan untuk bersantai dan menikmati waktu luang. Dengan tetap berada di rumah dan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, kita dapat tetap aman dan sehat sambil menikmati liburan sekolah dengan cara yang berbeda.
Dalam situasi yang tidak biasa ini, penting bagi kita untuk tetap bersabar dan menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar. Semoga pandemi segera berlalu sehingga kita dapat kembali menikmati liburan sekolah dengan normal seperti sebelumnya.
Referensi:
1.
2.