Headlines

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka


Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka

Kepala Sekolah memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. Kurikulum Merdeka merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dalam merancang dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di lingkungan mereka. Namun, tanpa peran kepala sekolah yang efektif, implementasi kurikulum tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa guru-guru di sekolahnya memahami dengan baik konsep dan tujuan dari Kurikulum Merdeka. Mereka harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru-guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang telah disusun. Selain itu, kepala sekolah juga bertanggung jawab untuk memantau dan mengevaluasi proses implementasi kurikulum tersebut, serta melakukan perbaikan jika diperlukan.

Selain itu, kepala sekolah juga memiliki peran dalam memotivasi dan memberdayakan seluruh komponen sekolah, termasuk guru, siswa, dan orang tua, untuk aktif terlibat dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka. Mereka harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung bagi seluruh anggota sekolah, sehingga proses implementasi kurikulum dapat berjalan dengan lancar.

Referensi:
1. Depdiknas. (2013). Panduan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Permendikbud. (2017). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2017 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Suparman, A. (2018). Manajemen Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.