Penting bagi orang tua untuk memberikan dukungan dan bimbingan yang efektif bagi anak-anak agar berhasil di sekolah. Berikut adalah lima tips parenting yang dapat membantu anak sukses di sekolah:
1. Berikan Dukungan Emosional
Orang tua perlu memberikan dukungan emosional kepada anak-anak mereka. Mendengarkan dan memahami perasaan mereka dapat membantu menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan anak. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar di sekolah.
2. Berikan Pujian dan Dorongan
Memberikan pujian dan dorongan kepada anak dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak di sekolah. Orang tua perlu memperhatikan prestasi anak dan memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian yang telah dicapai.
3. Libatkan Diri dalam Pendidikan Anak
Orang tua perlu terlibat secara aktif dalam pendidikan anak. Hal ini termasuk mendampingi anak saat belajar di rumah, mengikuti perkembangan akademik anak, dan berkomunikasi dengan guru-guru anak. Dengan terlibat dalam pendidikan anak, orang tua dapat memberikan bimbingan yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak.
4. Mendorong Kemandirian
Orang tua perlu mendorong anak untuk menjadi mandiri. Memberi tanggung jawab kepada anak, seperti mengatur jadwal belajar sendiri atau menyelesaikan tugas tanpa diingatkan, dapat membantu meningkatkan kemandirian anak. Hal ini juga dapat memberikan mereka keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di sekolah dan kehidupan sehari-hari.
5. Berkomunikasi dan Mendengarkan
Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak sangat penting untuk membantu anak sukses di sekolah. Orang tua perlu mendengarkan pendapat anak, memberikan dukungan, dan membuka ruang untuk diskusi tentang masalah-masalah yang dihadapi anak di sekolah. Dengan berkomunikasi secara terbuka, anak akan merasa didengarkan dan dipahami.
Dengan menerapkan tips parenting yang efektif ini, orang tua dapat membantu anak sukses di sekolah dan mencapai potensi terbaik mereka. Penting untuk selalu memberikan dukungan, pujian, dan dorongan kepada anak dalam perjalanan pendidikan mereka.
Referensi:
1. Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
2. Eccles, J.S., & Harold, R. D. (1993). Parent-school involvement during the early adolescent years. Teachers College Record, 94(3), 568-587.
3. Grolnick, W. S., & Ryan, R. M. (1989). Parent styles associated with children’s self-regulation and competence in school. Journal of Educational Psychology, 81(2), 143-154.